Langsung ke konten utama

KOMPONEN DAN VARIABEL PEMBELAJARAN

ilmu dan pengetahuan



KOMPONEN DAN VARIABEL PEMBELAJARAN

Makalah
Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah
Strategi Pembelajaran PAI

Dosen : Sunarto, M.Pd.I

Di Susun Oleh :
Ido setyawan               : 1211010083
Ridho Ashari               : 1211010045
Setiyo Kurniawan        : 1211010008

     Jurusan        :  Pendidikan Agama Islam
Semester      : III (Tiga)
a

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
2013  
KATA PENGANTAR



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur dengan tulus dipanjatkan dengan kehadiran Allah SWT karena berkat dan hidayahnya penulis dapat meyelesaikan makalah ini.
Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Hingga akhir zaman, dengan di iringin upaya meneladani ahlak nya yang mulia.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Strategi Pembelajaran PAI , dan juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya pagi penulis dan umumnya bagi pembaca.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang akan membimbing penulis guna, perbaikan penyusunan makalah yang akan mendatang.
Semoga makalah  ini berguna bagi kita semua terutama bagi penulis.

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.

Bandar Lampung,     Oktober   2013


Penulis.






DAFTAR ISI


HALAMAN SAMPUL ........................................................................................ i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... .iii

BAB   I     PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah....................................................................... 1
B.       Rumusan Masalah  ............................................................................... 1
C.       Tujuan penulisan................................................................................... 2
BAB   II     PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komponen Pembelajaran .................................................... 2
B.     Komponen-komponen Pembelajaran  ................................................... 3
1.      Kurikulum ....................................................................................... 3
2.      Guru................................................................................................. 4
3.      Siswa................................................................................................ 4
4.      Metode Pembelajaran....................................................................... 5
C.     Variabel Pembelajaran ........................................................................... 6

BAB  III   PENUTUP............................................................................................ 9
DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE-METODE PEMBELAJARAN SKI

  BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Sejarah merupakan pengetahuan mengenai kejadian kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan manusia di masa lampau dan ada kaitannya dengan keadaan masa kini. Sejarah juga merupakan pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau, yang diperoleh melalui penyelidikan dan analisis atau peristiwa-peristiwa masa lampau. Sejarah peradaban Islam diartikan sebagai perekembangan atau kemajuan kebudayaan Islam dalam perspektif sejarahnya, dan peradaban Islam. Dalam perspektif Islam, manusia sebagai pelaku sekaligus pembuat peradaban memiliki kedudukan dan peran inti. Kedudukan dan posisi manusia di kisahkan dalam Al Qur’an diantaranya: manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna dan paling utama Allah berfirman: Dan Sesungguhnya Telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang S...

MATERIAL EVALUATION

MATERIAL EVALUATION ido setyawan 1211010083 LECTURER : Eva Nurchurifiani, M.Pd. THE STATE INSTITUTE OF ISLAMIC STUDIES RADEN INTAN LAMPUNG 2013-2014 FOREWORD Alhamdulillahirobbil’alamiin The authors would like extend their very gratitude to Allah SWT, the Almighty, for the unlimited   blessings bestowed upon them one of wich is their great chance to accomplish composing this papers. Who has given affection for the author for taking the time to complete this papers titled“From Syllabus Design to Curriculum Development”. It is highly expected that this papers might contribute to the betterment of English intruction in this institution. The authors are aware that this papers is still far from perfect. Therefore, the authors expect criticism and suggestions either in writing or orally. Bandar Lampung, ............. March 2014      The Authors CHAPTER   I BACKGROUND A. Introd...

OBJEK EVALUASI PENDIDIKAN

PE NGERTIAN OBJEK EVALUASI PENDIDIKAN Yang dimaksud dengan objek atau susunan evaluasi adalah hal-hal yang menjadi pusat perhatian untuk dievaluasi. Apapun yang ditentukan oleh evaluator atau penilai untuk dievaluasi, itulah yang disebut dengan objek evaluasi. Pada waktu evaluator ingin menilai berat badan siswa, maka yang menjadi obejk evaluasi adalah berat badan siswa, sedangkan angka yang menunujukkan berapa berat badan siswa dimaksud, misalnya 34 kilogram, 40 kilogram, dan sebagainya adalah hasil evalusai.jika evaluator ingin menilai keterampilan siswa   dalam menggunakan termometer, maka yang menjadi objek evaluasi adalah benar tidaknya   gerakan tangan siswa dalam memegang alat, bagaimana siswa meletakkan termometer dibadan anak yang diukur suhunya, kemampuan siswa untuk menentukan berapa lama termometer diletakkan dibagian badan, kemudian juga kemampuan siswa dalam membaca skala yang ada pada termometer, gambaran tentang benar-salahnya siswa menggunakan...